Babakan Siliwangi: Menikmati Hutan di Tengah Kota

oleh
Photo by Instagram Why Ajie

Bandung – Keberadaan ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan semakin menipis. Akan tetapi, di tengah Kota┬áBandung┬áterdapat sebuah taman yang kondisinya sangat indah dan bisa dijadikan sebagai salah satu objek wisata menarik di sana. Destinasi ini dikenal dengan nama Babakan Siliwangi atau Baksil. Berikut adalah informasi lengkapnya tentang destinasi tersebut.

Forest Walk Babakan Siliwangi adalah salah satu fasilitas publik berupa taman kota yang ada di Bandung. Hutan ini merupakan ruang terbuka hijau yang masih terawat dengan baik. Letaknya yang strategis membuat taman tersebut sering digunakan sebagai tempat nongkrong dan bersantai. Nuansanya yang asri akan membuat pengunjung merasa betah berlama lama di sana.

Di hutan ini juga ada sebuah jembatan kayu dan besi yang saling terhubung sekaligus menjadi akses bagi para pengunjung yang hendak menyusuri hutan. Anda tidak perlu khawatir terjatuh karena jembatan ini cukup aman dan masih berdiri dengan kokoh. Di tempat ini pula banyak orang mengambil beberapa foto karena terlihat sangat indah dan mempesona.

Kawasan hutan kota dengan luas 3,8 hektar ini sejatinya merupakan sebuah lembah yang dibentuk oleh sungai Cikapundung sejak ribuan tahun yang lalu. Kemudian barulah pemerinta setempat membuka kawasan tersebut sebagai hutan kota. Selama proses pengembangannya, taman ini pernah menuai kontroversi karena sempat akan dilakukan pemindahan pengelolaan

Pengalihan ini rencananya akan dilakukan ke sebuah perusahaan swasta. Akan tetapi, masyarakat berpendapat bahwa taman ini adalah warisan milik warga Bandung yang sudah ada sejak dahulu kala, sehingga tidak etis rasanya jika diubah menjadi kawasan komersial guna mencari keuntungan perorangan.

Tempat wisata alam di Bandung ini cukup ramai dikunjungi karena mampu menyedot rasa penasaran pelancong yang singgah ke kota tersebut. Taman dengan luasan yang lebih dari 1 hektar dan berada tidak jauh dari pusat kota menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Bukan sekedar taman biasa, di sana terdapat banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

Pengunjung yang datang tidak hanya bisa melihat berbagai tanaman, namun juga dapat melakukan berbagai kegiatan mengasyikkan, misalnya piknik. Berbagai spot di kawasan tersebut tidaklah berbahaya untuk anak anak sehingga mereka bisa berjalan dengan aman. Di setiap sudut taman juga banyak sekali bangku yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat.

Di taman ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat adu kreatifitas terutama bagi pecinta burung. Taman Babakan Siliwangi ini menjadi lokasi perlombaan membuat sarang atau kandang burung. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi lokasi khusus yang sengaja disediakan untuk keperluan kegiatan lomba seni setiap bulannya sehingga anda bisa ikut menyaksikannya.

No More Posts Available.

No more pages to load.