Telaga Saat Puncak Bogor dan Berbagai Daya Tariknya

oleh

Bogor – Telaga Saat Puncak menawarkan keindahan danau dengan suasana alami di ketinggian 1250 Mdpl. Serta deretan pegunungan dan perbukitan hijau mengelilingnya. Semuanya tampak luar biasa dengan balutan kabut Alpin yang menyelimutinya.

Berwisata ke sini tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak karena harga tiketnya masih terjangkau. Wisatawan bisa berkunjung ke kawasan wisata ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari.

Ragam Aktivitas Menarik Di Telaga Saat Puncak

Kawasan wisata yang terbuka untuk umum sejak 2018 ini memang menawarkan berbagai pesona. Mulai dari alamnya yang masih asri, udara sejuk serta pemandangan pegunungan. Ditambah dengan berbagai spot foto menarik. Selama berada di sini jangan lewatkan berbagai aktivitas berikut.

Keindahan alam Telaga Saat memang sangat menggoda untuk menjadi latar foto. Berbagai spot fotonya menyuguhkan nuansa alam pegunungan dan keindahan langit biru. Warna hijaulah yang paling sering mendominasi kawasan wisata ini. Sepanjang mata memandang akan terlihat pepohonan rindang, perkebunan teh, dan deretan perbukitan.

Salah satu yang menjadi latar foto favorit yaitu Ayunan dan Jembatan gantung. Keduanya saling berdekatan dan berada persis di depan gunung. Jembatan gantung berada di bagian atas telaga. Sementara posisi ayunan ada di bawah dekat tepi telaga.

Kemudian spot foto lainnya ada gazebo. Bentuknya sebuah pondok kayu kecil yang berada tepat di pinggir telaga. Biasanya akan ramai pengujung yang berfoto pada saat menjelang sore. Pasalnya dari kejauhan tampak matahari terbenam mengeluarkan kilauan cahaya kekuningan yang sangat indah.

Liburan di telaga ini tidak hanya menikmati keindahan perairannya dari daratan saja. Pihak pengelola juga menyediakan perahu karet yang bisa digunakan untuk berkeliling area telaganya. Selama berperahu wisatawan akan dilengkapi pelampung sebagai pengaman. Serta satu buah dayung panjang berwarna hitam campur abu-abu.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam semata. Di sana wisatawan juga bisa menikmati menu makanan dan minuman yang lezat. Tepatnya berada di sebuah resto bernama Tea Estate The Ciliwung. Lokasinya berada di dekat parkiran mobil dan loket pembayaran tiket.

Wisatawan bisa menukarkan tiket masuk dengan secangkir teh dingin dari resto tersebut. Tersedia pula menu makanan dan minuman lainnya. Di antaranya ada kentang goreng, sosis goreng, minuman cokelat, dan masih banyak lagi.

Kalau belum puas menikmati makanan resto, cobalah mengunjungi warung kecilnya. Letaknya ada di pinggir jalan menuju sekitar pintu masuk. Makanan yang terkenal di warung tersebut adalah gorengan bakwannya. Ukurannya bulat besar dan bertekstur keriuk saat menyentuh lidah. Menu lainnya ada mie instan, telur gulung, air putih kemasan, dan lain-lain.

Pemandangan alam Telaga Saat yang hijau memang paling pas cocok sebagai tempat bersantai. Khususnya di area gazebo kayu dekat tepi danau. Posisinya ada di sebelah kanannya jembatan gantung. Wisatawan bisa duduk-duduk santai sambil melihat keindahan alamnya yang berhiaskan kabut Alpin.

Desain gazebonya unik dan estetik. Di bagian depan terdapat dua tangga lebar yang bisa menjadi tempat duduk. Penggunaan bahan kayu memang sangat pas dengan konsepnya yang mengusung tema wisata alam. Warna kecokelatan yang menghiasi gazebo begitu menyatu dengan alam sekitar.

Telaga Saat juga memiliki jalur khusus joging bagi pengunjung yang ingin olahraga pagi. Lintasannya berupa jalan setapak dengan ukuran jalannya tidak terlalu lebar. Memang agak sedikit sempit jika dilalui 2 sampai 3 orang. Tetapi setidaknya itu cukuplah sebagai jalan alternatif agar sepatu terhindar dari lumpur.

Lintasannya membentang di sisi danau dengan jalanan yang memutar. Wisatawan bisa joging sambil ditemani keindahan danau berair jernih. Di sisi lain terdapat sebuah jembatan melengkung yang biasa digunakan sebagai tempat beristirahat. Bisa juga sebagai spot foto karena pemandangan belakangnya tampak deretan pegunungan yang memukau.

Lokasi Telaga Saat Puncak

Perjalanan menuju lokasi Telaga Saat Puncak lumayan menantang. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harap berhati-hati. Kondisinya masih berupa bebatuan kasar dan ukuran jalannya juga sangat sempit. Lokasinya sendiri ada di Cibulao, RT. 02/RW. 06 Tugu Utara, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Sumber: Travelspromo

No More Posts Available.

No more pages to load.