Dari Alam hingga Kuliner, Ini 15 Destinasi Wisata di Tasikmalaya

oleh

Tasikmalaya – Tasikmalaya merupakan salah satu kota kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan industri kerajinan tangannya. Kerajinan tangan yang menjadi ikon kota dengan julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur ini adalah Payung Geulis dan kelom Geulis. Tidak hanya itu, wisata di Tasikmalaya juga tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia.

Posisi geografis Tasikmalaya yang sebagian berada di dataran tinggi dan sebagian lagi dekat dengan laut membuat wisata di Tasikmalaya beragam, ada pantai dan pegunungan. Selain wisata alam, wisata kuliner juga tidak boleh dilewatkan. Pemerintah kota Tasikmalaya bahkan menempatkan kuliner sebagai wisata unggulan di Tasikmalaya.

Pemerintah kota yang juga terkenal dengan industri bordirnya ini memberi dukungan pada sektor wisata di Tasikmalaya dengan membuat daftar berbagai objek wisata di laman resmi Pemerintah Kota Tasikmalaya. Berikut wisata di Tasikmalaya paling hits yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/11/2022).

1. Tonjong Canyon

Tonjong Canyon merupakan wisata alam Tasikmalaya yang menyuguhkan keindahan tebing kecoklatan dan air sungai yang jernih kebiruan. Wisata di Tasikmalaya satu ini terletak di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Pengunjung dapat berenang di sungai, bersantai menikmati panorama sekitar, berkemah, atau berfoto-foto dengan latar pemandangan sekitar.

Tersedia fasilitas area parkir, gazebo, toilet, dan mushala. Sayangnya Tonjong Canyon belum dikelola secara baik, sehingga fasilitasnya belum memadai. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk mengunjungi Tojong Canyon, pengunjung hanya perlu membayar parkir 5.000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk mobil.

2. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan menjadi salah satu pantai populer di Tasikmalaya. Daya tarik dari pantai ini adalah pasirnya yang putih dan lokasinya yang tersembunyi di balik tebing. Pantai Karang Tawulan berlokasi di Desa Cimanuk, Kalapa Genep, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya.

Pantai Karang Tawulan menyuguhkan pemandangan menawan berupa bebatuan karang, perairan lepas Samudra Hindia. Fasilitas di Pantai Karang Tawulan, antara lain mushala, toilet, warung makan, gazebo, dan camping ground. Harga tiket masuk Pantai Karang Tawulan adalah 3.500 rupiah dengan tarif 5.000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk mobil.

3. Kawah Karaha Bodas

Kawah Karaha Bodas merupakan kawah gunung api muda yang menghasilkan panas bumi kemudian membentuk fenomena fumarol dan solfatar yang menimbulkan bau belerang. Meskipun begitu, Karaha Bodas menawarkan pemandangan yang indah bebatuan putih dan teduhnya pepohonan pinus.

Kawah Karaha Bodas berlokasi di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Pengunjung juga dapat merasakan membasuh wajah dan bagian tubuh lain dengan air panas alami.

4. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung merupakan tempat wisata di Tasikmalaya yang kerap menjadi tujuan utama wisatawan. Gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian 2.167 Mdpl. Pengunjung dapat merasakan udara yang sangat sejuk dan mengunjungi tempat wisata alam lain yang berada di area Gunung Galunggung, seperti Kawah Hijau, pemandian air panas, gardu pandang, sampai Curug Agung.

Banyak keindahan yang dapat ditemukan di Gunung Galunggung, seperti Kawah Hijau, pemandian air panas, gardu pandang, sampai Curug Agung yang penuh warna. Kawah Hijau Galunggung yang indah berada di bawah tebing dan dapat dicapai dengan menapaki 620 anak tangga. Pengunjung dapat menikmati pemandian air panas yang mengandung belerang sambil menyaksikan pemandangan indah.

5. Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung menjadi salah satu wisata alam Tasikmalaya yang berada dalam kawasan Gunung Galunggung. Curug ini memiliki ketinggian setinggi 80 meter, namun hanya bisa dilihat dari kejauhan. Tidak ada akses menuju puncak maupun pangkal dari air terjun satu ini.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan Curug Agung Galunggung melalui gardu pandang. Disediakan tempat yang memungkinkan pengunjung untuk berfoto dengan latar Curug Agung Galunggung. Sekelilingnya dihiasi oleh lampu LED yang dapat berganti warna yang menyala saat malam hari.

6. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng terletak di Cikatomas, Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya. Daya tarik Curug Dengdeng adalah bentuknya yang bertingkat 3 dengan tinggi 9 meter, 11 meter, dan 13 meter. Ditambah dengan pemandangan sekitarnya yang masih sangat asri.

Warga sekitar percaya bahwa Curug Dengdeng menjadi tempat singgah Nabi Daud. tidak hanya singgah, Nabi daud juga dikisahkan sempat mengambil wudhu dan mengumandangkan azan di sini. Setelah selesai mengumandangkan azan konon alam di sekitar Curug Dengdeng menjadi lebih indah.

7. Curug Panetean

Curug Panetean dikenal juga dengan nama Curug Leuwi oleh warga sekitar yang artinya cekungan. Curug Panetean memang memiliki banyakcekungan yang membentuk kolam-kolam bertingkat. Lokasinya tersembunyi di Desa Pangliaran, Pancatengah, Kota Tasikmalaya.

Kolamnya Curug Panetean tidak terlalu dalam dan airnya pun jernih. Pengunjung dapat berenang merasakan sensasi air yang menyegarkan, berfoto, atau sekadar bersantai merasakan kesejukan alam. Untuk memasuki Curug Panetean, pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk. Namun, pengunjung yang datang membawa kendaraan akan dikenai tarif parkir.

8. Curug Badak

Nama Curug Badak berasal dari batu berbentuk lonjong yang berada di tengah aliran air terjun yang mirip cula badak. Curug Badak memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan berada di kawasan Gunung Talaga Bodas.

Curug Badak memiliki dua air terjun yang alirannya mengandung belerang. Mandi di bawah kedua air terjun tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Fasilitas di Curug Badak cukup memadai, seperti toilet, area parkir luas, mushala, sampai warung makan dan kafe, lengkap dengan meja dan kursi di tengah hutan pinus.

9. Situ Gede

Situ Gede tasikmalaya merupakan kawasan danau dimanfaatkan sebagai sarana irigasi pertanian oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Pada tahun 1932, Situ Gede mulain dikembangkan sebagai menampung air dari sumber mata air Cikunten yang berhulu di Gunung Galunggung. Air yang terkumpul kemudian dimanfaatkan untuk mengairi sekitar 4.000 hektar sawah yang ada di sekitar Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang, dan Cibeureum.

Danau ini juga berperan sebagai hutan penyeimbang ekosistem tanaman tropis yang tumbuh disekitar danau ini. Sebagian besar dari penduduk setempat menggantungkan hidupnya pada populasi habitat biota di Situ Gede yang merupakan sebagai sumber penghasil ikan sehingga disini juga masyarakat kerap memanfaatkan sebagai tempat untuk mencari ikan.

Obyek Wisata Situ Gede di Tasikmalaya menyajikan keindahan pemandangan alam. Terdapat pulau dengan luas mencapai 1 hektar di tengah danau. Konon, di sana terdapat tiga makam yang juga menjadi asal-usul Situ Gede. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan suasana yang sejuk dengan duduk santai di Gazebo sembari menyantap kuliner, mengelilingi danau dengan perahu, sampai berkemah.

10. Baso Urat Firman

Salah satu kuliner yang menjadi daya tarik wisata di Tasikmalaya adalah baso. Salah satunya Baso Urat Firman. Warung baso satu ini berlokasi di Jalan Dokter Soekardjo Simpang Lima Tasikmalaya. Posisi warungnya agak masuk ke dalam dengan lapangan parkir yang ramai oleh kendaraan pera pelanggannya.

Seperti namanya, menu yang ditawarkan adalah baso dan mie yang dibanrol dengan harga 20.000 rupiah per porsi. Baso Urat Firman memiliki tekstur yang kenyal khas baso urat dengan kuah gurih tapi ringan yang tidak bikin enek. Mienya pun kenyal khas mie buatan rumah. Saking terkenalnya warung baso ini membuka cabang di kota Bandung.

11. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja menjadi salah satu kuliner legendaris di Tasikmalaya. Namanya diambil dari lokasi warung yang terletak di Kampung Toblong, Kecamatan Mangunreja, tak jauh dari Kantor Polres Tasikmalaya.

Kupat tahu Mangunreja tediri dari potongan ketupat dan tahu goreng panas yang siram bumbu kacang. Ciri khas kupat tahu Mangunreja terletak di bumbu kacangnya yang merupakan resep keluarga yang kaya rempah. Tekstur bumbu kacang kupat tahu Mangunreja lembut dan memiliki cita rasa pedas dengan campuran bawang daun. Ditambahkan pula kecap manis dan kerupuk sebagai pelengkap Kupat Tahu Mangunreja yang memanjakan lidah.

12. Mie Baso 55

Warung baso lain yang tidak kalah terkenal adalah Mie Baso 55. Warung ini menyajikan baso, dan beragam olahan mie. Berlokasi di pasar Mambo, harga makanan di warung ini dibandrol dengan harga 21.000 rupiah hingga 67.000 rupiah.

13. Soto Ayam Pataruman

Kuliner Tasikmalaya yang menarik untuk coba lainnya adalah Soto Ayam Pataruman. Salah satu penjual Soto Ayam Pataruman yang legendaris adalah Ibu Rina yang yang telah berjualan sejak tahun 1960-an.

Tidak yang spesial pada penyajian soto ayam ini, konsistensi rasa adalah kunci legendaris dari warung Soto Ayam Pataruman. Warung Soto Ayam Pataruman Jalan Pataruman Nomor 23, Tasikmalaya. Satu porsi soto ayam dibandrol dengan harga 30.000 rupiah.

14. Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat

Wisata kuliner Tasikmalaya yang juga sayang jika dilewatkan adalah Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat. Nasi Tutug sendiri merupakan makanan khas dari Tasikmalaya yang sangat terkenal. Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat adalah satu tempat makanan nasi tutug oncom yang paling direkomendasikan oleh warga Tasikmalaya.

Nasi TO Mr Rahmat ini berada di jalan Cikarang. Selain nasi tutug oncom, warung ini pun juga menyediakan menu olahan lain khas Sunda, Menu di warung Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat dibandrol dengan harga 10.000 rupiah hingga 140.000 rupiah.

15. Nasi Cikur Ny Iyen

Kuliner Tasikmalaya yang harus dicoba adalah Nasi Cikur Ny. Iyen. Nasi Cikur ini merupakan menu sarapan yang selalu laris diserbu pelanggan. Berlokasi di pertigaan antara Jalan Panyerutan dan Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya.

Nasi Cikur merupakan olahan nasi goreng yang dimasak dengan menggunakan kencur muda. Cikur adalah kencur dalam bahasa Sunda. Kencur yang digunakan dalam olahan Nasi Cikur Ny. Iyen adalah kencur muda atau kencur dengan umbi yang masih putih.

Inilah yang menjadikan Nasi Cikur memiliki rasa sedikit getir dan aromanya yang wangi. Nasi Cikur Ny. Iyen dilengkapi dengan beragam lauk seperti telur dadar, daging ayam suwir, tahu goreng, serundeng, acar wortel, dan keripik tempe.

 

Sumber: Liputan6.com

No More Posts Available.

No more pages to load.