7 Tempat Wisata Kuliner Terpopuler di Purwakarta

oleh

Purwakarta – Jika melakukan perjalanan dari Bandung ke Jakarta, pasti melewati Purwakarta. Meskipun tidak sebesar Bandung atau Jakarta, tetapi Purwakarta termasuk kabupaten dengan perkembangan cukup pesat.

Salah satunya terlihat dari wisata kuliner Purwakarta yang menonjol, baik di kalangan warga lokal maupun wisatawan.

Makanan khas Asia dan Sunda yang dengan konsep menarik bisa ada di sini. Mulai dari tempat makan indoor ataupun outdoor, semua ada. Harga yang dipatok oleh rumah makan di sekitar Purwakarta juga cukup aman di kantong.

Jadi, mau tunggu apa lagi? Yuk, simak beberapa rekomendasi wisata kuliner Purwakarta berikut ini.

Sate Maringgi Haji Yetti

Kalau sedang dalam perjalanan Jakarta-Bandung atau Jakarta-Cirebon dan sebaliknya, jangan lupa mampir ke rumah makan satu ini. Sate Maringgi Haji Yetti sudah sangat populer dan legendaris. Ada sejak tahun 1990-an, tempat ini menawarkan Sate Maringgi sebagai kuliner khasnya.

Ada pilihan sate kambing, sapi dan ayam. Satenya enak, empuk dan bumbu bakarnya sangat meresap. Ada juga menu lainnya seperti gulai, sup, nasi tutug oncom, hingga aneka gorengan dan minuman.

Selain menu makanannya yang enak, Rumah Makan Sate Maringgi Haji Yetti juga memiliki area parkir luas. Tempat makannya pun nyaman, cocok untuk istirahat setelah menempuh perjalanan.

Rumah Makan Ciganea

Sering melakukan perjalanan Jakarta-Bandung lewat Jalan Tol Cipularang? Sempatkan diri yuk ke Rumah Makan Ciganea! Restoran satu ini cocok menjadi alternatif makan siang selain di rest area. Tempat yang terkenal memiliki penyajian seperti rumah makan khas Padang.

Begitu memesan sebuah meja, para pelayan langsung menyajikan satu bakul nasi, piring dan sejumlah makanan. Pengunjung hanya perlu membayar makanan dimakan saja. Aneka menu khas Sunda seperti ayam goreng, pepes hingga lalapan.

Kalau ke sini, wajib mencicipi ayam gorengnya yang terasa gurih. Tekstur dagingnya juga empuk tapi bagian luarnya digoreng garing.

Stasiun Kopi Purwakarta

Dari sekian banyak tempat nongkrong di Purwakarta, Stasiun Kopi menjadi salah satu yang favorit. Kafe di Purwakarta satu ini terkenal dengan seduhan kopinya yang khas, berkualitas, wangi dan nikmat. Selain kopi, tersedia juga berbagai makanan dan camilan.

Salah satunya singkong Thailand yang menjadi kesukaan pelanggan kafe Stasiun Kopi. Menu satu ini memiliki ciri khas empuk dan wangi.

Semakin lezat dengan siraman saus fla santan yang kental dan lembut. Rasanya manis dan lumer di lidah, pantas kalau menu satu ini sering menjadi incaran.

Rumah Makan Sajolna

Rumah makan satu ini tidak pernah sepi pembeli. Area makannya ada di depan dengan meja kursi atau pada bagian belakang kalau ingin lesehan.

Jika memilih yang lesehan, pengunjung bisa menikmati makanan sambil melihat aliran air sungai yang berada di sisinya.

Menu utama di Rumah Makan Sajolna adalah ayam kampung goreng. Bisa dipesan potongan atau utuh dengan jeroannya. Ayam gorengnya tersaji dengan lalapan mentimun, selada, terong hijau dan leunca. Jangan lupa pesan juga sambal dadak yang dihidangkan di cobek tanah liat.

Aromanya guring wangi dan terasa segar saat dinikmati dengan ayam goreng dan nasi hangat.

Sate Maranggi Bah Use

Rumah makan ini bisa menjadi alternatif lain saat ingin menyantap sate maringgi. Meski lokasinya di dalam gang, namun warung Sate Maringgi Bah Use selalu penuh pengunjung.

Tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan karena rasa satenya yang khas. Selain empuk, potongan dagingnya juga besar. Paling nikmat kalau menyantapnya bersama sup iga dan es kelapa.

Istora Jatiluhur Resto

Tempat makan cantik satu ini terletak di tepi Danau Jatiluhur. Istora Jatiluhur Resto berbentuk seperti dek kapal laut. Pemandangannya sangat cantik, terutama saat sunset. Angin sepoi-sepoi dengan panorama danau berlatar perbukitan siap menemani momen kulineran.

Selain tempatnya yang bagus, harga makanan di sini juga cukup terjangkau. Banyak menu yang tersedia seperti steik, seafood hingga nasi goreng. Selain restoran dan kafe, area ini juga memiliki villa, hotel dan resort.

Jika ingin masuk ke Istoranya harus membayar dua tiket masuk. Yakni satu tiket masuk Kawasan wisata Jatiluhur dan satu tiket masuk Istora Resort.

Hutan Jati Cafe And Gelato

Café asyik satu ini menghadirkan suasana hutan. Pengunjung bisa menikmati makanan di bawah pohon jati, ditambah hembusan angin yang membuat suasana lebih rileks.

Menu yang tersaji pun cukup beragam, di antaranya pizza bakar, steak, dan banyak lagi lainnya. Dari sekian banyak menu, pizza bakar dan pizza hutan jati dengan topping maringgi menjadi menu favorit. Jadi, kalau datang ke tempat ini jangan lupa mencicipinya ya.

 

Sumber: Travels Promo

No More Posts Available.

No more pages to load.