7 Tempat Wisata Hutan Pinus di Kuningan

oleh

Kuningan – Memiliki wilayah dataran tinggi, Kuningan menyimpan daya tarik alam yang memukau. Terutama wilayah lereng maupun kaki Gunung Ciremai dengan vegetasi pinusnya. Kawasan hutan pinus Kuningan sering menjadi incaran wisatawan lokal dan juga dari berbagai daerah.

Menikmati kesegaran alam dan panorama ketinggian, berikut 7 destinasi wisata hutan pinus di Kuningan:

1. Huludayeh Trijaya Berkemah Di Hutan Pinus Kuningan

Kawasan wisata Huludayeh Trijaya merupakan hamparan hutan pinus dengan nuansa khas yang menyegarkan. Berada di kaki Gunung Ciremai, lokasi ini memiliki area bumi perkemahan di tengah suasana alami hutan pinus.

Sementara lokasinya berada di Desa Trijaya, sekitar 23 kilometer dari pusat kota Kuningan. Selain aktivitas berkemah, destinasi dengan sajian keindahan alam ini cocok untuk wisata keluarga. Berbagai spot foto menarik berlatar jejeran hutan pinus dan panorama dari ketinggian dapat ditemukan dalam areanya. Berbagai wahana outbond seperti flying fox juga dapat dicoba untuk menambah keseruan berlibur.

2. Bukit Panembongan Panorama Hutan Pinus Dari Ketinggian

Menikmati bentang panorama alam dari ketinggian, Wisata Bukit Panembongan dapat menjadi salah satu pilihan. Terletak di Desa Tembong, Garawangi, jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Dari lokasi wisata Bukit Panembongan, wisatawan dapat menyaksikan sajian keindahan alam perbukitan dan pegunungan. Pada saat cuaca cerah, tampak di kejauhan hamparan pemukiman penduduk berlatar langit biru. Sedangkan ketika kabut mulai turun, nuansa putih menyelimuti layaknya negeri di atas awan.

Kawasannya memiliki suguhan bentang alam memukau dengan fasilitas gardu pandang dan wahana foto menarik. Selain itu areanya sudah dilengkapi dengan gazebo hingga camping area. Tak ketinggalan, dataran tinggi ini menjadi lokasi yang tepat untuk mencoba berbagai wahana adrenalin pilihan.

3. Danau Sejuk Talaga Remis Di Tengah Hutan Pinus Kuningan

Seolah tak pernah kehabisan pesona, kawasan kaki Gunung Ciremai menyajikan berbagai daya tarik wisata alamnya. Salah satunya yaitu objek wisata danau alami Talaga Remis. Lebih dari 28 tahun, kawasan Telaga Remis terjaga keasriannya.

Nama Remis disematkan karena danau tersebut sempat menjadi habitat kerang yang potensial. Areanya merupakan lahan subur yang menghijau dengan beberapa titik danau.

Talaga Remis merupakan danau utama di tengah rimbunnya pepohonan pinus sebagai vegetasi utama. Selain Telaga Remis ada delapan danau lainnya yaitu Talaga Buruy, Talaga Deleg, serta Talaga Nilem. Ditambah dengan Talaga Tespong, Talaga Leat, Talaga Leutik, Situ Ayu Salintang, dan Sumur Jalatunda. Berbagai fasilitas melengkapi kawasannya seperti wahana adventure air, gazebo, spot foto, meeting room, hingga cottage.

4. Pondok Pinus Palutungan Kuningan

Terletak di sisi jalan Pejambon-Sagara Hiang, Kecamatan Cigugur, Pondok Pinus menawarkan magnet wisatanya. Dengan mengusung konsep wisata kuliner di tengah hamparan panorama alam dari atas bukit. Ditambah dengan hijaunya kawasan hutan. Selain itu lokasinya dekat dengan Jurang Landung, Curug Landung, dan Curug Putri Palutungan.

Tampil dengan desain bernuansa ala kastil eropa, Pondok Pinus memiliki aneka menu pilihan. Berbagai sajian kuliner khas tradisional dapat dicoba seperti ikan mujaer bakar, garang asem, maupun karedok.

Kemudian untuk mempercantik areanya, berbagai wahana foto kekinian pun tersedia. Bahkan ada yang berkata wahana foto di sini sebagai salah satu yang terbaik. Beberapa wahana foto misalnya Rumah Hobbit, sangkar burung, rumah balon, rumah warna-warni, dan masih banyak lagi.

5. Leuweung Monyet Cibeureum

Sesuai dengan namanya, di objek wisata Leuweung Monyet Cibeureum wisatawan bisa melihat satwa kera liar. Sementara lokasinya sendiri berada di kawasan hutan masih bagian dari Taman Nasional Gunung Ciremai. Meskipun di taman nasional aksesnya cukup mudah. Karena berada di tepi jalan raya yang dapat dijangkau berbagai jenis kendaraan.

Sekeliling kawasan wisata dipenuhi oleh jajaran pepohonan pinus yang usianya mencapai puluhan tahun. Dengan suasana yang masih alami ditambah dengan keindahan bentang alamnya merupakan daya tarik utama tempat ini. Sedangkan bagi yang ingin berkemah telah tersedia Family Camp Cibeureum.

Selama berada di area wisata seluas 7 hektar jangan lewatkan melihat berbagai macam spesies kera. Mulai dari yang kecil hingga berukuran besar dan memiliki ekor panjang. Jenis mamalia tersebut cukup jinak sehingga wisatawan dapat mendekat dan berinteraksi atau memberi makanan.

6. Wisata TNGC Lebak Singkup

Berlokasi di jalan Cirea-Pasawahan, Singkup, wisata Lebak Singkup resmi berdiri sejak tahun 2014. Kawasannya menyajikan hawa sejuk dan asri dengan rimbunnya pepohonan pinus yang menjulang. Dengan luas lahan setidaknya 150 hektar, pengelola bergabung dengan pihak Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Lebak Singkup juga terkenal dengan Wisata Durian, karena adanya maskot buah durian di gerbang masuk. Pada Saat musim panen tiba, durian Lebak Singkup yang terkenal menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini. Selain itu lokasinya berada dekat dengan Curug Cisamaya dan memiliki camping ground area.

7. Obyek Wisata Cipaniis

Obyek Wisata Cipaniis menyajikan kesegaran sumber mata air alami di kaki Gunung Ciremai. Lokasinya berada di jalan Cirea-Pasawahan, Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Areanya tak pernah sepi pengunjung karena kesegaran air alami Wisata Paniis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Konon, airnya juga berkhasiat untuk kebatinan, usaha, jodoh, kekuasaan hingga obat awet muda. Bahkan mitos yang beredar ini mempengaruhi masyarakat untuk menyepi dan berendam semalaman di hulu sungai tersebut.

Selain itu gemericik sungai di dekat areanya merupakan aliran langsung dari sumber mata air alami. Suasana alam sekelilingnya sejuk dengan vegetasi pepohonan pinus sehingga kesegarannya semakin terasa.

 

Sumber: Travelspromo

No More Posts Available.

No more pages to load.